Selasa

25 Sep 2018

Pengunjung Hari Ini : 310,   Bulan Ini : 66.515
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Kamis, 24 Mei 2018 | 00:01 WIB

    Telah dibaca 216 kali

    Demonstran Pertanyakan Kelanjutan Kasus 38 DPRDSU 2009-2014 Tsk KPK

    Budiman Pardede
    Puluhan demonstran berunjukrasa mempertanyakan status 38 anggota/mantan DPRDSU Tsk KPK, Rabu siang (23/5/2018) di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan. (Foto: www.MartabeSumut.com)

    www.MartabeSumut.com, Medan

     

    Puluhan demonstran berbendera Aliansi Mahasiswa Masyarakat Peduli Sumatera Utara (AMMP-Sumut) berunjukrasa ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) di Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu siang (23/5/2018). Dalam aksinya, massa mempertanyakan kelanjutan persoalan hukum 38 anggota DPRDSU periode 2009-2014 yang telah ditetapkan KPK sebagai Tersangka (Tsk) bahkan telah dicekal sejak 19 April - 19 Oktober 2018. 

     

    Pengamatan www.MartabeSumut.com, pengunjukrasa tiba di gedung Dewan pukul 11.20 WIB. Mereka langsung berkumpul di depan pagar pintu masuk seraya memajang spanduk dan berorasi bergantian. "Bagaimana nasib 38 anggota DPRDSU periode 2009-2014 yang telah jadi Tsk KPK ? Kami menolak pemimpin korup karena membuat rakyat miskin dan mengakibatkan pembangunan daerah Sumut tertinggal," cetus Ivan S, salah satu demonstran. Dia mencontohkan, daerah kelahirannya di Kab Tobasa ada yang belum tersentuh pembangunan. Rakyat miskin dan berbagai wilayah tidak kunjung maju. Bahkan arus listrik saja banyak tidak dirasakan warga Tobasa. "Padahal Tobasa penghasil listrik paling besar di Sumut. Kemana semua uangnya? Cepat penjarakan semua pejabat dan anggota DPRD yang korupsi di Sumut," cetusnya dengan nada tinggi. 

     

    Selang 30 menit berorasi, anggota DPRDSU H Burhanuddin Siregar, SE, menemui pengunjukrasa.  Menurut Burhanuddin, apa yang melanda Sumut jadi keprihatinan yang berkepanjangan. "Masalah ini kita prihatin. Saya juga sedih dengan kondisi daerah saya di Tabagsel. Mungkin pembangunannya lebih parah dari Tobasa," ucap Burhanuddin. Menyinggung status 38 anggota DPRDSU peeiode 2009-2914 yang merupakanTsk KPK, Burhanuddin menyatakan tidak bisa berkomentar banyak. "Saya rasa kelanjutan masalah hukum mereka bisa ditanyablangaung ke KPK. Kita di sini cuma bisa melihat, mengawasi dan mengawal saja. KPK pasti sedang bekerja," ujar Burhanuddin. Puas mendapat tanggapan, demonstran membubarkan diri teratur pukul 13.20 WIB. Aksi massa tidak menimbulkan kemacetan lalulintas di ruas jalan.

     

    Nama 38 Tsk yang Dicekal KPK

     

    Seperti diberitakan www.MartabeSumut.com sebelumnya, setelah 29 Januari - 3 Februari 2018 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa 46 anggota DPRD Sumut periode 2009 - 2014 di Mako Brimob Polda Sumut, kemudian diikuti penetapan Tersangka (Tsk) sebanyak 38 orang pada 29 Maret 2018, KPK telah pula mencekal keluar negeri ke-38 Tsk itu sejak 19 April 2018. Pencekalan 38 anggota DPRD Sumut 2009 - 2014 ini dilakukan selama 6 bulan atau sampai 19 Oktober 2018.

     

    Untuk diketahui, dari 38 Tsk yang dicekal KPK, terdapat 10 anggota DPRD Sumut 2009 - 2014 yang menjabat lagi periode 2014 - 2019. Ada pula 1 anggota DPD RI asal Sumut, 2 anggota DPR RI dan 25 anggota DPRD Sumut periode 2009 - 2014. Berikut nama-nama yang dicekal KPK itu: Rijal Sirait (aktif DPD RI), Rinawati Sianturi (aktif DPRD Sumut), Rooslynda Marpaung (aktif DPR RI), Fadly Nurzal Tanjung (aktif DPR RI), Abu Bokar Tambak (mantan DPRD Sumut), Enda Mora Lubis (mantan DPRD Sumut), M Yusuf Siregar (mantan DPRD Sumut), Muhammad Faisal (aktif DPRD Sumut), Abu Hasan Maturidi (mantan DPRD Sumut), Biller Pasaribu (mantan DPRD Sumut), Richard Eddy Marsaut Lingga (mantan DPRD Sumut), Syafrida Fitrie (mantan DPRD Sumut), Rahmianna Delima Pulungan (mantan DPRD Sumut), Arifin Nainggolan (aktif DPRD Sumut), Mustofawiyah Sitompul (aktif DPRD Sumut), Sopar Siburian (aktif DPRD Sumut), Analisman Zalukhu (aktif DPRD Sumut), Tonnies Sianturi (mantan DPRD Sumut), Tohonan Silalahi (mantan DPRD Sumut), Murni Elieser Munthe (mantan DPRD Sumut) dan Dermawan Sembiring (mantan DPRD Sumut). Ada pula nama Arlene Manurung (mantan DPRD Sumut), Syahrial Harahap (mantan DPRD Sumut), Restu Kurniawan Sarumaha (mantan DPRD Sumut), Washington Pane (mantan DPRD Sumut), John Hugo Silalahi (mantan DPRD Sumut), Ferry Suando Kaban (mantan DPRD Sumut), Tunggul Siagian (mantan DPRD Sumut), Fahru Rozi (mantan DPRD Sumut), Sonny Firdaus (aktif DPRD Sumut), Pasiruddin Daulay (mantan DPRD Sumut), Elezaro Duha (mantan DPRD Sumut), Musdalifah (mantan DPRD Sumut), Tahan Manahan Panggabean (mantan DPRD Sumut), Taufan Agung Ginting (mantan DPRD Sumut), Tiaisah Ritonga (aktif DPRD Sumut), Hj Helmiati (aktif DPRD Sumut) serta Muslim Simbolon (aktif DPRD Sumut). (MS/BUD)


     
     
    Kirim Komentar Anda
     
    Nama :
    Kota :
    Email :
    Komentar :
       
     

     
    (Masukkan 6 kode di atas)

     

       
     


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER