Senin

10 Des 2018

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Senin, 16 April 2018 | 00:12 WIB

    Telah dibaca 312 kali

    Kapolrestabes Medan Akui Bandar Narkoba Melawan, tapi Polisi Tak Ragu Bertindak

    Redaksi
    Kapolrestabes Medan dan Pengurus KAJI Unit DPRD Sumut melakukan salam tolak Narkoba, Jumat siang (13/4/2018) di Mapolrestabes Medan. (Foto: www.MartabeSumut.com)

    www.MartabeSumut.com, Medan

     

    Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH, SIK, MSi, memastikan, kendati para bandar dan pengedar Narkoba menunjukkan perlawanan besar terhadap aparat, namun kepolisian tidak pernah ragu bertindak tegas. Peringatan tersebut dilontarkan Kapolrestabes Medan tatkala menerima audiensi Ketua Komunitas Aksi Jurnalis Independen (KAJI) Unit DPRD Sumut Budiman Pardede, S.Sos, Jumat siang (13/4/2018) di Mapolrestabes Medan. Saat ini, terang Kapolrestabes, banyak program pemerintah, Polri dan BNN terkait pemberantasan Narkoba mendapat perlawanan keras dari bandar-bandar besar Narkoba.

     

    Didampingi Kasat Intel Polrestabes Medan AKBP Masana Sembiring, Kapolrestabes menyebut, perlawanan bandar ditunjukkan dengan menerobos pintu-pintu penyelundupan Narkoba secara besar melalui jalur perairan. Termasuk modus memasukkan Narkoba di dalam permen/makanan hingga geliat bandar, pengedar dan pemakai Narkoba yang sengaja menyusup ke berbagai lapisan status sosial semisal kelompok pekerja profesional, pelajar bahkan mahasiswa. "Makanya saya apresiasi inisiatif kelompok masyarakat khususnya organisasi wartawan di KAJI Unit DPRD Sumut ikut andil mensosialisasikan pencegahan bahaya Narkoba di lingkungan generasi muda. Ayo kita lawan Bandar Narkoba bersama-sama," cetus Kapolrestabes, seraya menyatakan siap jadi Narasumber Panel Diskusi sosialisasi bahaya Narkoba saat peringatan Hardiknas 2 Mei 2018 di SMAN 5 Medan dan di Kampus UPMI Medan pada Sabtu 12 Mei 2018.

     

    Polri Tak Ragu Menindak

     

    Artinya, timpal Kapolrestabes lagi, Polri tidak akan ragu-ragu mengambil tindakan tegas terhadap bandar dan para pengedar Narkoba. "Kita sinyalir Narkoba telah masuk ke sekolah-sekolah dan kampus. Sekali lagi, saya apresiasi wartawan yang tergabung dalam organisasi KAJI Unit DPRD Sumut mau berkontribusi positif kepada masyarakat, daerah, bangsa dan Negara," cetus Kapolrestabes, sembari menambahkan, kunci pemberantasan Narkoba adalah ketahanan sosial di keluarga, masyarakat dan kelompok/organisasi. Bagi Kapolrestabes Medan, kepolisian selalu melakukan tindakan persuasif, tindakan sistemik dan tindakan masif mengatasi peredaran gelap Narkoba. Dengan kehadiran KAJI Unit DPRD Sumut menggelar kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba di lingkungan SMAN 5 Medan pada Rabu 2 Mei 2018 dan di Kampus UPMI Medan pada Sabtu 12 Mei 2018, Kapolrestabes percaya bakal muncul semangat baru aparat, pejabat, pemerintah, BNN dan publik dalam menguatkan kebersamaan melawan Narkoba. Kepolisian pun dipastikan Kapolrestabes akan bergerak terus memerangi peredaran gelap dan penyalahagunaan Narkoba. "Harus ada tindakan bersifat reaktif, jadi bukan sekadar preventif. Tapi semuanya wajib diawali dari lingkungan terdekat kita melalui pemantapan ketahanan sosial masyarakat itu," yakin perwira berpangkat 3 melati tersebut.

     

    Legalitas Organisasi

     

    Sebelumnya, Ketua KAJI Unit DPRD Sumut Budiman Pardede, S.Sos, mengungkapkan, kendati baru berusia 1 tahun atau seumur jagung, tapi KAJI Unit DPRD Sumut selalu berupaya menorehkan berbagai kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, negara khususnya kemanusiaan. Budiman Pardede pun menceritakan sejarah berdirinya organisasi KAJI Unit DPRD Sumut sedari 26 Januari 2017, legitimasi organisasi sesuai Pasal 28 UUD 1945 diikuti Akta Notaris pendirian di Medan No 30 tanggal 13 April 2017, struktur organisasi, kegiatan-kegiatan yang sudah dijalankan 1 tahun terakhir hingga rencana aksi sosialisasi bahaya Narkoba di lingkungan SMA Negeri 5 Medan dan di Kampus UPMI Medan. "Kami memohon Pak Kapolrestabes berkenan hadir menjadi Narasumber di SMAN 5 Medan dan di Kampus UPMI Medan," pintanya.

     

    11 Narasumber Panel Diskusi

     

    Budiman Pardede mengungkapkan, sedikitnya 11 Narasumber Panel Diskusi dengan 11 materi ceramah dijadwalkan tampil di lingkungan SMA Negeri 5 dan kampus UPMI Medan. Diantaranya: Kapoldasu (Arah dan strategi Poldasu dalam penanggulangan peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba di Provinsi Sumut), Kapolrestabes Medan (Langkah konkret Polrestabes Medan mengantisipasi peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan SMA/kampus), Kadis Pendidikan Sumut (Urgensi muatan lokal tambahan tentang bahaya Narkoba di lingkungan SMA), Kepala BNN Sumut (Fungsi BNN dalam perspektif pencegahan dan antisipasi penyalahgunaan/peredaran gelap Narkoba di lingkungan SMA/kampus sekaligus pemutaran film singkat), anggota DPRD Sumut Drs H Aripay Tambunan, MM dan H Syamsul Qodri Marpaung, Lc (regulasi daerah/pendidikan karakter dan pendekatan kerohanian), Koordinator Kopertis Sumut (Urgensi muatan lokal pencegahan/penyalahgunaan Narkoba di lingkungan kampus swasta), Kepsek SMA Negeri 5 Medan (Data/fakta kekinian pengaruh/peredaran gelap Narkoba di lingkungan SMAN 5 dan pengawasan sekolah terhadap pelajar khususnya komitmen bersih Narkoba terhadap siswa baru yang akan diterima), Rektor UPMI (Data/fakta kekinian pengaruh/peredaran gelap Narkoba di lingkungan UPMI dan pengawasan Universitas terhadap mahasiswa khususnya komitmen bersih Narkoba terhadap siswa baru yang diterima), Kesbangpol Sumut (Peran Kesbangpol dalam pencegahan Narkoba di Sumut) serta testimoni 1 orang mantan pengguna Narkoba. "Semua penceramah telah kami surati secara resmi. Mohon doa restu, dukungan dan arahan Pak Kapolres demi kelancaran kegiatan," tutup Budiman Pardede, sambil menambahkan, usai Panel Diskusi, kegiatan dilanjutkan tes urin, pemajangan spanduk bersih Narkoba serta penandatanganan ikrar bersih Narkoba di lingkugan SMAN 5 Medan dan Kampus UPMI Medan. (MS/RED)


     
     
    Kirim Komentar Anda
     
    Nama :
    Kota :
    Email :
    Komentar :
       
     

     
    (Masukkan 6 kode di atas)

     

       
     


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER