Selasa

21 Mei 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Jumat, 20 Maret 2015 | 00:11 WIB

    Telah dibaca 1178 kali

    Dr Januari Siregar Dengar "Curhat" Rakyat Kec Medan Petisah & Kec Medan Baru Saat Reses Hari III

    Budiman Pardede
    Anggota DPRDSU Dr Januari Siregar,SH, MHum, menampung aspirasi rakyat Kec Medan Baru dan Medan Petisah saat Reses hari ke-3, Kamis siang (19/3/2015) di kantor Camat Medan Petisah.(Foto: MartabeSumut)

    MartabeSumut, Medan


    Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) Dr Januari Siregar, SH, MHum, kembali menampung aspirasi rakyat asal Kec Medan Baru dan Kec Medan Petisah saat Reses hari ke-3, Kamis siang (19/3/ 2015) di kantor Camat Medan Petisah Jalan Iskandar Muda. Banyak curahan hati (Curhat) dilontarkan masyarakat 2 kecamatan namun 3 masalah klasik yang mengemuka adalah persoalan banjir, jalan rusak dan keamanan warga.

     

    Pengamatan MartabeSumut di lokasi Reses, Dr Januari Siregar disambut Camat Medan Petisah Rakhmat Harahap, Sekcam Medan Baru Harry L Tarigan dan ratusan warga asal 2 kecamatan. Sementara Camat Medan Baru, Albon, datang terlambat akibat pelaksanaan Musrenbang Kota Medan yang sedang berlangsung sampai keesokan hari. Anggota Komisi A DPRDSU membidangi hukum/pemerintahan itu didampingi Staf Reses DPRDSU Evelyn Sitanggang, SE, Jubel Togatorop, Grace Vennydia, Sulastri (Achi) dan Eka Yunita.


    Masalah Banjir dan Narkoba


    Sebelum warga Curhat kepada Dr Januari Siregar, Camat Medan Petisah Rakhmat Harahap mengungkapkan, banjir kerap melanda di wilayah Sei Sikambing B dan Sei Putih Baru. Persoalan keamanan diakuinya telah sering dikoordinasikan kepada Polresta terkait maraknya peredaran Narkoba di Kampung Kubur. "Dari 2001 Kepling kita yang ada di Kota Medan, setahu saya tidak ada yang berani mengakui kalau wilayahnya tidak ada masalah Narkoba. Kampung Kubur harus dibereskan dari Narkoba. Kami di Medan Petisah mau maju sejahtera membangun tanpa banjir, aman dan bebas penyalahgunaan Narkoba," ucap Rakhmat. Pada sisi lain, lanjut Rakhmat, pihaknya mengusulkan program sosialisasi pembinaan hukum terhadap aparat pemerintah. "Perlu disampaikan ke Pemko Medan Pak. Sebab banyak lurah dan camat tersangkut kasus hukum sekarang. Saya yakin Pak Januari sebagai anggota DPRDSU dan anggota Dewan Kota Medan dapat menindaklanjuti," terangnya.

    Sementara Sekcam Medan Baru Harry L Tarigan menilai, Reses DPRDSU sangat berguna bagi masyarakat untuk menangkap keluh kesuh dan persoalan terkini di tengah-tengah rakyat. Menyangkut Narkoba di Kampung Kubur yang berbatasan dengan wilayah Kel Petisah Hulu, kata Tarigan, kondisinya sudah sangat kronis serta berkorelasi erat terhadap kenyamanan dan keamanan warga. Dia pun menyesalkan pola aparat kepolisian yang sebatas menangkap pelaku selama ini tanpa upaya pencegahan. "Soal jalan di Kel Sei Putih memang dari tahun ketahun sudah diusulkan perbaikan tapi tidak ada realisasi. Jangankan banjir, lingkungannya saja tidak sehat karena air sulit mengalir. Lihat saja Jalan Jamin Ginting yang jalannya turun dan bakal ambruk. Selama ini cuma tambal sulam. Jalan di wilayah Padang Bulan juga banyak sekali yang kurang baik," ungkapnya. Camat Medan Baru, Albon, yang datang terlambat, juga melontarkan persoalan serupa. Konstruksi Jalan Jamin Ginting dipastikannya tidak pas namun seperti kuali. Karena itu jalan negara, kata Albon, hasil Reses DPRDSU pantas meneruskan keluhan warga kepada Pemprovsu agar dilanjutkan ke pusat. "Setiap hujan pasti terjadi genangan. Air genangan menguap dan bukannya terbuang. Begitu pula jalan-jalan provinsi dan jalan negara lain yang ada di Kota Medan," tegasnya, seraya bertanya kepada Dr Januari Siregar menyangkut partisipasi nyata Pemprovsu terhadap kebersihan Kota Medan sebagai ibukota provinsi.


    Curhat Warga Medan Petisah


    Agus Susanto, warga Kec Medan Petisah yang tinggal di Jalan Pasundan, menguraikan, pihaknya berharap ada program rehabilitasi gorong-gorong parit yang tersumbat di Simpang Iskandar Muda Baru sampai ke Sei Putih. Bila hujan turun sebentar, katanya, pasti air dari got naik ke aspal jalan bahkan rumah warga. "Kami rasa Jalan Gatot Subroto itu jalan provinsi. Tolong Pak Januari teruskan keluhan kami soal rehabilitasi gorong-gorong," imbaunya. Kepling 8 Kel Sei Putih Barat, Aitonang, membeberkan, banjir kerap terjadi di Simpang SMUN 4 saat hujan turun. Khususnya di Jalan Notes sampai Jalan Gelas Kel Sei Putih Tengah yang paritnya tidak pernah dikorek. Masalah pendataan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan KIS juga disampaikannya menjadi masalah yang sering dipertanyakan warga. Sementara Binsar H Simanjuntak, Kepling Sei Putih Timur I, mengatakan, sekarang ini bangunan dekat bantaran Sungai Putih bertambah terus dan perlu ditertibkan. Kemudian ada pula pipa PDAM Tirtanadi yang menjadi tempat sampah dan selalu memicu banjir. Sedangkan M Yusuf S, Kepling I Kel Sei Silambing D Kec Medan Petisah, meminta Dr Januari Siregar mengusulkan proyek normalisasi parit di Jalan Sei Batang Serangan, Jalan Sei Lepan, Jalan DI Panjaitan dan Jalan Iskandar Muda. "Parit banyak terbenam, jadi perlu pengorekan dan pembangunan. Begitu pula pengaspalan semua jalan tersebut," cetusnya, sembari membeberkan persoalan baru di depan Medan Plaza (Jalan Sei Besitang) yang menjadi tempat nongkrong angkot. Warga lain yang Curhat adalah Syarifah, Kepling 9 Kel Sei Sikambing D. Menurut Syarifah, ratusan tiang-tiang PLN banyak yang lapuk/tua di Jalan Karya Bakti sehingga sangat berbahaya bagi masyarakat. Tak mau ketinggalan, Anni Rangkuti, Kepling 5 Kel Sei Putih Tengah Kec Medan Petisah, Curhat pula seputar lampu jalan di lingkungan Jalan Gelas yang dalam kondisi mati semua. Kondisi itu ditegaskan Anni akan memunculkan ketidakamanan warga sebab banyak pencuri keliaran setiap malam. Simson Tampublon, Kepling Lingkungan 7 Kel Sei Sikambing D meminta Dr Januari Siregar memikirkan perbaikan Jalan Amal yang kacau balau.


    Curhat Warga Medan Baru


    Usai mendengar Curhat warga Kecamatan Medan Petisah, selanjutnya Dr Januari Siregar mendengarkan keluh kesah masyarakat Kecamatan Medan Baru. Rushendra, Lurah Merdeka Kec Medan Baru, misalnya. Menurut dia, polisi perlu mobile (bergerak) di Jalan Jamin Ginting dan beberapa ruas lain karena stabilitas keamanan kian memprihatinkan. "Yang pulang tengah malam takut. Macam gak ada ketertiban, kenyamanan dan keamanan. Kita takut curanmor dan perampokan," ungkapnya. Hal senada disampaikan Nita Pohan, Kepling 5 Kel Babura Kec Medan Baru. "Rawan perampokan pakai klewang jam 2 dinihari di Jalan Wahid Hasyim, Jalan Abd Lubis, Jalan Gajah Mada dan Jalan Hasanuddin. Sebutan mereka kijang," singkapnya kepada Dr Januari Siregar. Kepling I Kel Babura Kec Medan Baru, Nurjanah, menyatakan masalah Kartu Medan Sehat tidak bisa semua diganti dengan kartu BPJS sehingga rakyat miskin yang sakit kesulitan berobat. Lurah Padang Bulan Kec Medan Baru Albenang Manalu mengangkat persoalan kebersihan dan TPS di Padang Bulan. Pengangkatan sampah dimintanya dilakukan 2 kali dan bukan 1 kali setiap hari. "Jalan Jamin Ginting Padang Bulan Pasar I selalu banjir Pak. Tolonglah dicarikan jalan keluarnya," ujar Manalu. Lurah Babura Kec Medan Baru, Zukri, menambahkan, alur Sungai Putih dari Jalan Abdullah Lubis hingga Jalan Gajah Mada wajib segera diremajakan dan dikorek. Kepling X Kel Babura Kec Medan Baru E Hutagaol meminta Dr Januari Siregar menyampaikan masukan ke Poldasu agar dilakukan sweeping kereta (sepeda motor) masyarakat yang suka geber-geber gas (membuat kebisingan) ketika melintas di jalan umum.


    Januari Siregar Menjawab


    Setelah seluruh warga melapiaskan Curhat-nya, giliran Dr Januari Siregar memberi jawaban. Legislator DPRDSU asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut II Medan B wilayah Medan Sunggal, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Helvetia, Medan Barat, Medan Baru, Medan Petisah, Medan Polonia, Medan Maimoon dan Medan Johor itu pun berkeyakinan, aspirasi warga yang muncul dari Kec Medan Baru dan Medan Petisah semata-mata didominasi persoalan jalan buruk, banjir dan kenyamanan/keamanan. "Tiga masalah klasik ini terlalu lama kita tampung dan sering sekali disampaikan dalam Paripurna DPRDSU untuk diteruskan ke Pemprovsu. Jadi masalah yang kembali muncul telah berulang-tahun berkali-kali dan kita siap memperjuangkan terus," akunya. Sementara persoalan keamanan dinilainya masih sangat membutuhkan peran serta masyarakat. Dr Januari Siregar percaya, penegakan hukum atas segala aksi kriminal bakal sulit diwujudkan tatkala syarat utama seperti regulasi, aparat dan culture (budaya) belum berjalan seirama. "Masalah BPJS dan Kartu Medan Sehat saya rasa terkait administrasi. Mereka hanya pakai data itu. Nanti kita minta BPS koordinasi dengan Pemko Medan. Kita juga akan koordinasi ke pihak BPJS. Makasih aspirasinya. Kami siap meneruskan aspirasi warga sampai ke pihak terkait demi memajukan pembanguanan. Sebab pembangunan Medan sebenarnya bisa diperoleh dari 3 anggaran. Mulai Pemko Medan, Pemprovsu dan APBN pusat," tutup politisi Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) itu diplomatis pada pukul 17.10 WIB. (MS/BUD)

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'Dr Januari Siregar Dengar "Curhat" Rakyat Kec Medan Petisah & Kec Medan Baru Saat Reses Hari III'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER