Minggu

21 Apr 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Rabu, 5 Maret 2014 | 00:31 WIB

    Telah dibaca 2013 kali

    PT Nutrifood Indonesia Apresiasi MartabeSumut Terkait Berita Keluhan Konsumen Tropicana Slim

    Belduwin Silalahi
    Sachet kosong yang ditemukan dalam kotak gula Tropicana Slim DIABTX isi 50. (Foto: MartabeSumut)

    MartabeSumut, Medan

     

    PT Nutrifood Indonesia yang beralamat di Raya Ciawi Bogor 16720 Indonesia mengapresiasi Media Online Kritis & Realistis www.MartabeSumut.com terkait pemberitaan keluhan konsumen asal Medan atas produk gula jagung Tropicana Slim DIABTX. Penegasan sikap tersebut disampaikan Public Relations (PR) PT Nutrifood Indonesia Arninta kepada Pemimpin Redaksi (Pemred) MartabeSumut Budiman Pardede, S.Sos dan Elijon S selaku konsumen Tropicana Slim di Medan.

     

    Sikap PT Nutrifood Indonesia mengapresiasi MartabeSumut sebenarnya bermula dari pemberitaan MartabeSumut yang mempublikasikan 1 berita berjudul "Sachet Gula Tropicana Slim Banyak Kosong, Konsumen di Medan Keluhkan Produk PT Nutrifood Indonesia" edisi Minggu 2 Maret 2014 pukul 17:40 WIB. Setelah 1 malam berita dipublikasikan redaksi, keesokan harinya Senin siang (3/3/2014), Public Relations PT Nutrifood Indonesia Arninta langsung menelepon Pemred MartabeSumut Budiman Pardede. Dalam percakapan berdurasi sekira 2 Menit itu ternyata Arninta meminta nomor telepon konsumen bernama Elijon S, yang menjadi narasumber MartabeSumut. "Tolong dibantu Pak nomor telepon Pak Elijon. Kami ingin bicara terkait pemberitaan MartabeSumut seputar sachet kosong produk Tropicana Slim," kata Arninta. Tentu saja Budiman Pardede tidak langsung memberikannya karena harus menyampaikan lebih dulu kepada Elijon S. "Nanti saya tanya dan minta persetujuan Pak Elijon dulu ya," ucap Budiman Pardede.

     

    Singkat cerita, Pemred MartabeSumut Budiman Pardede mengirimkan nomor telepon Elijon S ke ponsel Arninta melalui pesan singkat short messages service (SMS) pada Selasa pagi (4/3/2014). Lalu sore harinya pukul 15.56 WIB, Arninta mengirimkan pesan singkat SMS ke ponsel Budiman Pardede. Dalam SMS itu Arninta mengucapkan terimakasih telah bisa berbicara dengan narasumber MartabeSumut Elijon S, sekaligus konsumen Tropicana Slim di Medan. "Terimakasih Pak Budiman atas bantuannya. Terimakasih atas bantuan MartabeSumut. Pemberitaan MartabeSumut sangat bermanfaat bagi perbaikan produk Tropicana Slim kedepannya. Terimakasih banyak," tutup Arninta.

     

    Terpisah, pada malam hari pukul 19.00 WIB, Elijon S memberikan informasi kepada MartabeSumut kalau dirinya telah dihubungi Public Relations PT Nutrifood Indonesia Arninta sekira pukul 16.00 WIB. "Tadi sore saya dihubungi Ibu Arninta dari perusahaan Tropicana Slim. PT Nutrifood Indonesia meminta maaf soal sachet kosong dan mengucapkan terimakasih atas berita keluhan konsumen sehingga menjadi masukan berharga bagi perbaikan perusahaan. Ibu Arninta juga mengucapkan terimakasih kepada MartabeSumut yang memposisikan media sebagai penyalur aspirasi kritis," singkap Elijon S.

     

    Karya Jurnalistik Harus Bermanfaat Bagi Banyak Pihak

     

    Sementara itu, Pemred MartabeSumut Budiman Pardede mengaku puas bila berita-berita dan karya jurnalistik MartabeSumut bisa benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Walau media berita umum online MartabeSumut masih tergolong kecil, berusia dini dan memiliki segudang keterbatasan, tapi Budiman Pardede mengimbau jajarannya harus terus jujur melahirkan karya-karya besar jurnalistik yang bermanfaat bagi banyak pihak. "Pertahankan fungsi Pers yang kritis, realistis, informatif, aspiratif, edukatif, bertanggungjawab, kompeten, akuntabel serta berdiri tegak sebagai pilar demokratis sosial kontrol. Senioritas seseorang atau media massa tidak karena "uban di kepala" melainkan karena karya," ingat Budiman Pardede, saat dimintai pendapat oleh awak MartabeSumut Belduwin S.

     

    Reaksi PT Nutrifood Indonesia Patut Diacungi Jempol

     

    Menurut Budiman Pardede, reaksi manajemen PT Nutrifood Indonesia atas pemberitaan kritis MartabeSumut menyangkut sachet kosong produk Tropican Slim patut diacungi jempol. Bagi Budiman Pardede, berita kritis yang muncul dari media massa disikapi perusahaan secara cepat, tepat dan berorientasi pengakuan untuk perbaikan. "Saya acungi jempol deh buat "PR" PT Nutrifood Indonesia. Niat mereka saya lihat positif mengakui kekurangan sehingga pantas didukung," katanya. Namun demikian, fakta yang terjadi atas sachet-sachet kosong Tropicana Slim disarankan Budiman Pardede supaya diselidiki serius oleh manajemen PT Nutrifood Indonesia. Sebab selain merugikan konsumen, Budiman Pardede berkeyakinan bahwa bukan mustahil dalam tubuh perusahaan ada yang mengambil kesempatan dalam kesempitan.

     

    Menurutnya, nama PT Nutrifood Indonesia bukanlah tergolong perusahaan kecil lagi. Artinya, lanjut Budiman Pardede, jangan sampai masalah begini dimanfaatkan pihak-pihak tertentu/yang tidak bertanggungjawab mengambil keuntungan untuk menjatuhkan perusahaan. Sementara menyinggung dugaan adanya pihak internal perusahaan yang mengambil kesempatan dalam kesempitan, Budiman Pardede secara tegas merinci logika sederhana. Andaikan produk Tropicana Slim isi 50 terdapat 5 sachet kosong dan dalam kotak 100 ada 10 sachet kosong, katanya, maka betapa besar produksi Tropicana Slim yang lost (hilang) dari tangan konsumen setiap hari saat didistribusikan se-Indonesia. "Quality control dimana sehingga bisa bobol ? Saya tidak percaya top manajemen perusahaan sengaja melakukan itu karena dilandasi pemikiran profit tersembunyi atau menganggap konsumen tidak bakal complain. Risikonya terlalu mahal. Jadi mereka perlu mendengar suara konsumen yang complain dengan melakukan penyelidikan khusus. Apakah teknologi mesin yang salah atau memang ada "orang dalam" yang sengaja membuat salah dan lolos meraup keuntungan selama ini," tutup Budiman Pardede bertanya, sembari tersenyum.

     

    Konsumen Keluhkan Produk Tropicana Slim

     

    Seperti diberitakan MartabeSumut sebelumnya, Elijon S, salah satu konsumen di Medan, mengeluhkan produk gula jagung Tropicana Slim jenis DIABTX. Gula berbentuk bubuk putih dan dikemas dalam sachet oleh PT Nutrifood Indonesia, Raya Ciawi Bogor 16720 Indonesia, itu disebutnya banyak yang kosong saat dibuka untuk dikonsumsi. Dalam kotak berisi 50 sachet hingga kotak isi 100 sachet ditemukannya 5-10 sachet kosong. Sejak 5 bulan terakhir, Elijon mengaku menemukan 5-10 sachet kosong dalam kotak gula Tropicana Slim isi 50 dan 100. "Awalnya saya diamkan saja karena menemukan 1 bungkus kosong. Tapi lama-lama gak nyaman juga. Sebab dalam 1 kotak isi 50 sachet saya justru menemukan 5 bungkus terkemas rapi namun isinya justru kosong. Ini sama saja merugikan konsumen," terang Elijon kepada MartabeSumut, Rabu (24/2/2014).(MS/BELDUWIN)

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'PT Nutrifood Indonesia Apresiasi MartabeSumut Terkait Berita Keluhan Konsumen Tropicana Slim'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER