Kamis

23 Mei 2019

  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Senin, 4 Februari 2013 | 21:33 WIB

    Telah dibaca 1158 kali

    Jalan Imam Bonjol Medan Lumpuh Total Selama 4,5 Jam Akibat Unjukrasa dan Aksi Bakar Ban

    Budiman Pardede
    Jalan Imam Bonjol depan gedung DPRDSU lumpuh total selama 4,5 jam akibat unjukrasa massa dan aksi bakar ban, Senin siang (4/2). (Foto: MartabeSumut).

    MartabeSumut, Medan


    Dua kelompok massa berunjukrasa dalam waktu bersamaan di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU), Senin siang (4/2). Selain berorasi, demonstran juga membakar ban bekas di tengah jalan sehingga mengakibatkan Jalan Imam Bonjol lumpuh total bagi pengendara umum selama 4,5 jam.

     

    Pengamatan MartabeSumut di lokasi, 2 gelombang massa mulai datang secara bersamaan pada pukul 11.45 WIB. Massa Dewan Penyelamat Sumatera Utara (DPSU) langsung melakukan orasi dan aksi pajang spanduk di pintu masuk DPRDSU sambil memprotes pergantian 15 pejabat Esselon II Pemprovsu. Sementara puluhan orang berbendera Aksi Solidaritas Masyarakat Nelayan Tradisionil Sumatera Utara (ASMNTSU) justru berunjukrasa di bagian kiri persis di sebelah pintu ke luar gedung Dewan. Mereka mempersoalkan operasi pukat tarik gandeng 2/pukat harimau/pukat grandong di perairan Ka Langat yang dianggap mematikan nelayan kecil.

    Tumpahnya ratusan orang dari ke-2 kelompok berbeda tentu saja membuat ruas Jalan Imam Bonjol lumpuh total sejak pukul 11.45 WIB - 15.50 WIB. Pasalnya, massa DPSU yang ngotot ingin mengawal Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi A DPRDSU dengan Sekdaprovsu Nurdin Lubis pada pukul 14.00 WIB, hari itu, melakukan aksi duduk di tengah ruas jalan ambil membakar 2 ban. Selanjutnya para demonstran yang didominasi ibu-ibu separo baya ini bernyanyi-nyanyi seraya meneriakkan kata-kata kecaman terhadap kebijakan Plt Gubsu. Kendati sebelumnya Ketua Komisi A DPRDSU telah menerima aspirasi mereka, pengunjukrasa tetap saja beringas berunjukrasa sambil menyatakan tekad menghadiri RDP Komisi A dengan Sekdaprovsu. "Kami akan tunggu jadwal RDP jam 2 siang ini," teriak massa. Ironisnya lagi, massa DPSU juga mengusir pengendara sepeda motor dan beberapa mobil yang mencoba melintas di Jalan Imam Bonjol. "Putar, kalian putar sekarang, jangan lewat jalan sini," ancam salah satu demonstran kepada pengemudi yang melintas.


    Massa ASMNTSU Berkumpul di Tengah Jalan

     

    Pada situasi lain di jarak 10 Meter, puluhan orang massa ASMNTSU juga berkumpul ramai-ramai di tengah ruas Jalan Imam Bonjol sambil memarkirkan mobil pick up dilengkapi pegeras suara. Dari atas mobil komando aksi, Koordinator Lapangan Ahmad Jafar menyampaikan kekesalannya terkait operasi pukat tarik gandeng 2/pukat harimau/pukat grandong di perairan Ka Langat. Dalam orasinya Jafar mengatakan, pada tanggal 17 September 2012 Bupati Langkat telah mengeluarkan surat edaran Nomor 523-2702/DPK-LKT/2012 tentang pemberitahuan alat penangkap ikan yang dilarang beroperasi. "Tanggal 21-22 Januari 2013 surat Bupati itu tidak dipandang oleh sebagian pihak sehingga mengakibatkan rekan kami Suparman meninggal dunia dan Saruddin Effendi hilang di tengah lautan akibat ditabrak pukat tarik gandeng 2/pukat harimau/pukat grandong. Sedangkan puluhan nelayan masih ditahan polisi sampai sekarang. Kenapa kami nelayan kecil yang sudah dizolimi pengusaha besar pemakai pukat tarik gandeng 2, sekarang justru diperlakukan tidak adil oleh aparat hukum," sesalnya.    

    Jafar pun membacakan 6 tuntutan di hadapan Ketua Komisi A DPRDSU Oloan Simbolon, ST, Wakil Ketua Komisi A Syamsul Hilal dan anggota Komisi A Drs Raudin Purba. Diantaranya; pembebasan puluhan nelayan yang ditahan Poldasu, seruan pengusutan tuntas secara hukum pelaku penabrakan kapal nelayan yang mengakibatkan 1 nyawa melayang dan 1 hilang, permintaan penangkapan terhadap perusahaan/pemilik pukat tarik gandeng 2/pukat harimau/pukat grandong sesuai Pasal 84 ayat 3 UU Perikanan tahun 2009, meminta pertanggungjawaban instansi terkait atas insiden bentrokan tanggal 21-22 Januari 2013 di perairan Kab Langkat, penghapusan/penertiban operasi pukat tarik gandeng 2/pukat harimau/pukat grandong di wilayah perairan Sumatera Utara serta seruan pemecatan Kepala PSDKP Belawan. "Kami minta DPRDSU memperhatikan 6 tuntutan kami supaya nelayan di Langkat tidak menderita," imbau Jafar. Menanggapi hal tersebut, ke-3 anggota DPRDSU berjanji akan meneruskan aspirasi massa ASMNTSU kepada aparat terkait di Sumut.

    Masih berdasarkan pantauan MartabeSumut, kendati sudah ada ratusan personel polisi mengawasi jalannya aksi ke-2 kelompok massa, namun pada pukul 13.30 WIB ratusan polisi anti huru hara dan pengendalian massa (Dalmas) diturunkan lagi ke gedung Dewan. Sebab, lumpuhnya jalan Imam Bonjol tersebut ternyata berimbas negatif atas kemacetan ruas jalan terdekat seperti Jalan Pengadilan, Jalan Maulana Lubis depan kantor Walikota dan Jalan Diponegoro. Selain itu, aksi massa DPSU juga dipandang aparat kepolisian mulai mengarah anarkis. Lumpuhnya Jalan Imam Bonjol selama 4,5 jam baru mulai pulih dan dibuka untuk publik pukul 15.50 WIB. (MS/BUD)

    Share this

     
     

    Berikan Komentar Anda 'Jalan Imam Bonjol Medan Lumpuh Total Selama 4,5 Jam Akibat Unjukrasa dan Aksi Bakar Ban'


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER