Rabu

17 Okt 2018

Pengunjung Hari Ini : 432,   Bulan Ini : 43.022
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER
  • Jumat, 16 November 2012 | 13:37 WIB

    Telah dibaca 1414 kali

    Inilah Petarung Pilgubsu 2013: Gatot-Erry,Chairuman-Fadly, Effendi-Djumiran, Gus-Soekirman & Amri-RE

    Budiman Pardede
    Salah satu spanduk pelaksanaan Pilgubsu 2013 yang mulai beredar luas di Kota Medan. (Foto: MartabeSumut).

    MartabeSumut, Medan

    Lima pasangan Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) dan Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cawagubsu) dipastikan bertarung dalam Pemilihan Gubernur Sumut yang dijadwalkan 7 Maret 2013. Empat pasangan telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut sejak Kamis-Jumat (15-16/11/2012).

    Seperti diberitakan MartabeSumut, Rabu (14/11) kemarin, 2 pasangan telah mendaftar pada Kamis (15/11). Dimulai oleh Gatot Pujo Nugroho-HT Erry Nuriadi yang dijagokan PKS/Hanura. Gatot adalah incumbent Plt Gubsu sedangkan HT Erry Nuriadi merupakan incumbent Bupati Kab Serdang Bedagai (Sergai). Pada siangnya di hari yang sama, giliran Partai Golkar dan PPP mendaftarkan Chairuman Harahap-Fadly Nursal Tanjung. Chairuman merupakan anggota DPR RI F-Golkar sedangkan Fadly adalah anggota DPRDSU (F-PPP).

    Pada Jumat (16/11) sekira pukul 08.30 WIB, pasangan Effendi Simbolon-Djumiran didaftarkan partai pendukung seperti PDIP, PPRN serta PDS. Effendi adalah anggota DPR RI F-PDIP sementara Djumiran merupakan mantan anggota KPU Sumut tahun 2004. Selang 2 jam kemudian, sekira pukul 10.45 WIB, Gus Irawan-H Soekirman menyampaikan klaim dukungan 24 Parpol seperti PAN (7 kursi), Gerindra (3 kursi), PKB (1 kursi). Massa Gus-Soekirman mendaftarkan diri ke KPU Sumut kendati dari klaim 24 parpol tersebut ada 6 parpol yang disebut Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution akan diverifikasi ulang. Toh KPU menilai pendaftaran Gus dan Soekirman memenuhi syarat dukungan minimal 15% melalui kursi di parlemen atau bila tidak cukup mengacu akumulasi hasil akhir suara parpol pendukung berdasarkan Pemilu 2009. Gus Irawan merupakan mantan Dirut PT Bank Sumut sedangkan H Soekirman adalah incumbent Wakil Bupati Kab Sergai.

    Informasi dihimpun MartabeSumut, Partai Demokrat dijadwalkan mendaftarkan pasangannya pada Jumat (16/11) pukul 14.00 WIB. Namun hingga berita ini diturunkan, salah seorang sumber di Partai Demokrat menyebut, sejak 1 minggu terakhir internal Partai Demokrat (PD) telah pecah kongsi karena berbagai konflik internal berkepanjangan di DPD PD Sumut. Menurut sumber itu, duet Amri Tambunan (incumbent Bupati Deli Serdang) dan RE Nainggolan (mantan Sekda Provsu) ditentang Ketua PD Sumut HT Milwan dan beberapa pengurus lain yang selaras dengannya. "Makanya sampai hari Kamis malam (15/11) HT Milwan tidak juga mau menandatangani usulan nama Amri-RE Nainggolan untuk didaftar ke KPU Sumut," yakinnya, seraya menyesalkan kebesaran nama Partai Demokrat di mata masyarakat selama ini ternyata terbukti keropos dan tidak solid secara internal.

    Isu itu Tidak Benar

    Menanggapi hal tersebut, salah seorang pengurus teras PD Sumut T Dirkhansyah Abu Subhan Ali, membantah dan memberikan klarifikasi kepada MartabeSumut, Kamis malam (15/11) melalui pesan singkat SMS. Politisi muda yang akrab disapa Diky ini mengatakan, bahwa perlu diklarifikasi tentang isu berkembang yang menyatakan Ketua PD Sumut HT Milwan menolak menandatangani surat ke KPU Sumut terkait pencalonan Amri-RE Nainggolan. "Isu itu tidak benar. Yang benar adalah, HT Milwan sebagai Ketua PD Sumut tidak bisa menandatangani surat karena sampai saat ini DPD PD Sumut belum menerima surat rekomendasi DPP PD tentang siapa calon yang akan disung PD dalam Pilgubsu 2013," ujar Diky.


    Anggota Komisi C DPRDSU itu menambahkan, HT Milwan memiliki komitmen kuat bahwa siapapun calon yang direkomendasikan DPP PD, maka HT Milwan selaku Ketua PD Sumut akan memberi dukungan penuh melalui penandatanganan surat pendaftaran ke KPU Sumut walaupun HT Milwan sendiri tidak dicalonkan DPP PD. Lalu, apa benar DPP PD belum memutuskan dan merekomendasikan nama untuk diusung ? "Kita juga masih menunggu," jawab Dikky lagi melalui saluran pesan BlackBerry Messenger (BBM).

     

    Untuk diketahui, sampai berita ini diturunkan, satu-satunya parpol yang belum mendaftarkan calon yang diusung adalah Partai Demokrat. Sementara pendaftaran Cagubsu dan Cawagubsu ke KPU Sumut berakhir pada hari Jumat 16 November 2012 pukul 24.00 WIB. Artinya, bila diumpamakan Partai Demokrat akhirnya sepakat memutuskan nama Amri Tambunan-RE Nainggolan, maka petarung Pilgubsu 7 Maret 2013 menjadi 5 pasang setelah Gatot Pujo Nugroho-HT Erry Nuriadi, Chairuman Harahap-Fadly Nursal Tanjung, Effendi Simbolon-Djumiran dan Gus Irawan-H Soekirman. (MS/BUD)


     
     

    Komentar

    Haris Partogi Nainggolan - HarisPN@yahoo.com - Siantar
    5 Calon itu semuanya gk jelas, gk ada yg iklas seperti Jokowi, heheheh, trims MartabeSumut kalo memuat komentar ini. Horas bah...
    saur - saur_sts@yahoo.co.id - medan
    Melihat para petarung ini tiϑαk satu pun saya yakini dapat membangun Sumut 5 tahun ke depan.
    Kirim Komentar Anda
     
    Nama :
    Kota :
    Email :
    Komentar :
       
     

     
    (Masukkan 6 kode di atas)

     

       
     


    Memahami UU PERS Nomor 40 tahun 1999

    Akhir-akhir ini banyak kalangan internal (pegiat, organisasi profesi/perusahaan) PERS maupun pihak eksternal (masyarakat/narasumber) yang keliru dan main hakim sendiri saat menilai kinerja PERS.

    Melongok UU Lalu LIntas Nomor 22/2009

    Sampai saat ini pemakai sepeda motor/angkutan umum banyak keberatan/ memperdebatkan UU No 22/2009. Diantaranya pengemudi sepeda motor, yang diwajibkan menghidupkan lampu siang hari.

    3 Media Penyebab Timbulnya Jerawat

    Banyak orang tak menyangka bahwa selain debu yang kerap melekat dalam kulit, ternyata ada 3 media (barang-barang) yang selalu kita pakai dan berisiko menimbulkan jerawat.

    Seks Mau Meningkat, Makan Ikan !

    Anda mau sukses urusan seks? Segara konsumsi ikan ! Sebab ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Riset terbaru menunjukkan, nutrisi yang terkandung dalam ikan membantu menaikkan gairah seks pria.

    MARTABE SUMUT

  • HOME
  • MARTABE TERPANAS
  • KELILING MEDAN
  • YA AKU MENGATAKANNYA
  • NGINTIP DPRDSU
  • OLAHRAGA
  • NASIONAL
  • SOSOK MARTABE
  • DAERAH
  • INDEX BERITA
  • IKLAN BARIS
  • SUARA PEMBACA
  • OPINI ANDA
  • FOTO ANDA
  • REDAKSI
  • DISCLAIMER